Mungkin pembaca Luqmanul.com mengetahui bahwa untuk memperbaiki layar ponsel tidaklah murah. Namun apakah kalian mengetahui bahwa untuk memperbaiki layar Mate X ternyata sangat mahal. Bahkan, saking mahalnya, harga perbaikan yang harus dibayar setara dengan harga iPhone 11 Pro. Hah!? Iya, ini kenyataannya.

Seperti disalin Luqmanul.com dari laporan yang dirilis oleh Cnet, Huawei baru saja mengeluarkan sebuah rincian biaya perbaikan yang akan ditanggung oleh pemilik Mate X.

iPhone 11 Pro
iPhone 11 Pro

Untuk bisa mengganti layar 8 inch yang dipakai oleh Mate X, konsumen harus merogoh kocek senilai Rp14 juta lebih. Jumlah uang segitu banyaknya setara dengan harga iPhone 11 Pro yang belum lama ini dikeluarkan oleh Apple.

Perlu diketahui juga bahwa Mate X memang dikenal sebagai ponsel kelas sultan yang mempunyai banyak kecanggihan. Bukan itu saja yang membuatnya menjadi sangat mahal, ponsel ini juga dianggap sebagai salah satu ponsel inovasi terbaru yang layarnya bisa dibuka-tutup dengan mudahnya. Untuk harganya sendiri, ponsel besutan Huawei ini dibanderol dengan harga yang sangat fantastis, yaitu Rp34 juta.

Dalam kategori ponsel layar lipat, Mate X menjadi ponsel yang paling mahal di kelasnya. Beberapa kompetitor lainnya, Motorola Razr dijual dengan harga Rp21 juta, Galaxy Fold milik Samsung dijual seharga Rp27,9 juta.

Huawei Mate X
Huawei Mate X

Peluncuran Huawei Mate X

Huawei diketahui pertama kali memamerkan Mate X di Mobile World Congress (WMC) 2019 Barcelona. Huawei menyebut bahwa desain yang digunakan oleh Mate X sebagai Falcon Wing. Mereka mengatakan bahwa butuh waktu sekitar 3 tahun untuk bisa mengembangkan desain tersebut.

Pada waktu dilipat, layarnya berukuran 6,6 inch pada bagian depan lalu 6,3 inch di bagian belakangnya. Saat dibuka, layarnya akan berubah menjadi 8 inch.

Banyak yang melontarkan kritik lantaran layarnya berada di luar, maka ponsel ini akan sangat rentan untuk rusak. Apalagi mengingat biaya perbaikan layarnya tidak murah. Bagaimana menurut pembaca Luqmanul.com?