Sony diketahui telah mengumumkan PlayStation 5 yang akan meluncur secara resmi pada musim belanja tahun 2020 mendatang. Namun secara mengejutkan, harga dari perangkat ini dikabarkan telah bocor.

Seperti disalin Luqmanul.com dari BGR, salah satu retailer game yang berlokasi di Slovakia bernama ProGamingShop mengatakan bahwa PlayStation 5 akan dibanderl dengan harga Rp7,7 juta (499 Euro).

Kalau memang hal ini benar adanya, berarti harga awal dari PlayStation 5 dipastikan lebih tinggi dari PS4 yang ada di Eropa, yaitu dengan harga 340 Euro.

Untuk sementara ini, memang bocoran harga ini belum dipastikan kebenarannya serta mempunyai perbedaan setiap negara.

Tanggal PlayStation 5 Rilis

Tak cuma harga saja, tanggal dari keluarnya PlayStation 5 juga telah beredar. Pada mulanya, diprediksi bahwa perangkat ini akan dikeluarkan pada November 2020 mendatang, namun belakangan diberitakan akan diundur menjadi awal Desember.

Adapun alasannya dikabarkan bahwa Sony mempunyai rencana untuk mendapatkan chip AMD sebanyak mungkin yang diketahui akan menjadi dapur pacu dari PlayStation 5 ini. AMD memang bakal mempersiapkan CPU dan GPU PlayStation 5 serta Xbox dari Microsoft.

Berdasarkan informasi lanjutan, PlaySTation 5 akan mempergunakan CPU 8-Core yang mempunyai basis dari AMD Ryzen generasi ketiga dan dibangun dengan menggunakan arsitektur 7nm Zen 2.

Mengenai GPU yang digunakan, PlayStation 5 akan mempersenjatainya dengan GPU custom didasarkan oleh AMD Radeon Navi. GPU ini membuat PlayStation 5 bisa mendapatkan fitur grafis ray-tracing dan menjadi konsol game pertama yang didukung oleh kecanggihan ini.