New Delhi, India membuat publik terkejut setelah salah satu restoran di sana menggunakan sepasang robot untuk bisa menerima serta melayani pesatan dari para pelanggannya.

Seperti disalin Luqmanul.com dari Ubergizmo, robot tersebut diberi nama Champa dan Chameli. Basa, pemilik dari restoran ini menjelaskan bahwa penggunaan robot di restoran India sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru.

Tetapi, kedua robotnya ini dianggap jauh berbeda dengan jenis lainnya karena bisa bergerak bebas. Hal yang paling membuatnya bangga adalah robot ini merupakan hasil buatan dari orang India. Umumnya, robot yang dipakai di restoran lain merupakan impor dari Tiongkok.

"Meskipun ada beberapa restoran di India yang menggunakan robot untuk melayani pelanggan, namun Robo Chef adalah robot pertama di restoran tanpa jalur khusus. mereka dapat bergerak bebas di permukaan rata yang beragam," kata Basa.

Ia mengatakan bahwa robotnya menggunakan 17 sensor yang bisa mengenali lingkungan, asap, hingga panas serta mengidentifikasi para pelanggan. Robot ini juga bisa menyapa serta menyambut para pelanggan yang datang.

Di Jepang dan Korea telah menggunakan robot di berbagai tempat, misalnya seperti pusat perbelanjaan, bandara, serta tempat umum lainnya. Biasanya robot digunakan untuk menyapa pelanggan serta sebagai pusat informasi saat dibutuhkan.