Sebuah perubahan yang utama telah dibawa oleh Apple pada iOS 13 tentang fitur dark mode yang membuat aplikasi Instagram terlihat lebih elegan. Instagram juga memberikan berupa update terbaru di dalam aplikasinya dengan menggunakan dark mode yang sama di iPhone.

Seperti disalin Luqmanul.com dari laman The Verge, agar bisa mengaktifkan fitur itu, pengguna harus membuat pengaturan terlebih dahulu pada perangkat iPhone. Lalu, instagram akan mengikuti pengaturan dari iOS 13 itu.

Dark mode yang berlaku di instagram akan memberikan visual berwarna hitam dan tulisan yang berwarna putih.

Dengan diaktifkannya dark mode ini, tak cuma bisa mendapatkan suasana baru saat berselancar di instagram. Namun juga ternyata dark mode ini bisa menghemat baterai handphone.

Tak selesai sampai di situ saja, fitur baru berupa dark mode ini juga bisa memberikan dampak kesehatan bagi mata. Terutama untuk pengguna yang sering menatap layar handphone, mengingat bahwa instagram merupakan salah satu aplikasi paling populer saat ini.

Fitur dark mode memang belakangan ini tengah menjadi tren baru yang semakin umum diberlakukan pada banyak aplikasi yang populer. Update dark mode diketahui telah diupdate secara resmi oleh instagram yang tersedia di dalam perangkat iOS.

Aplikasi instagram bisa langsung dicoba untuk diperbarahui jika Anda merupakan pengguna iOS. Aktifkan dark mode untuk mendapatkan nuansa baru saat bermain instagram.

Cara Mengganti Dark Mode di Instagram

Bagi Anda yang mungkin kesulitan dalam menentukan langkah bagaimana bisa mengganti dark mode di Instagram, Luqmanul.com akan memberikan caranya dengan detail. Berikut penjelasannya:

1. Update iOS 13

Fitur terbaru berupa dark mode instagram hanya bisa diaplikasikan pada iPhone yang mendukung dark mode pada pengaturan bawaannya. Sementara ini, hanya iOS 13 yang mendukung untuk bisa menggunakan dark mode tersebut.

2. Pengaktifan Dark Mode

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk bisa mengaktifkan dark mode pada iPhone: Buka 'Settings' -> 'Display' -> 'Dark Mode'

3. Instagram Terbaru

Perlu untuk diketahui bahwa fitur dark mode hanya bisa dilakukan dengan update aplikasi instagram terbaru.

4. Opsi Ganti Mode

Jika iOS dan versi instagram sudah yang paling baru, nantinya Anda akan bisa menentukan pilihan untuk menggunakan dark mode atau light mode pada menu pengaturan.

Baca juga: (Bug WhatsApp Terbaru bisa Tembus Hacker)

Pasang Dark Mode di Android

Tak perlu berkecil hati, untuk pengguna Android juga telah bisa menggunakan mode dark mode di Instagram. Namun untuk di Android, fitur ini hanya bisa digunakan untuk versi beta. Berikut ini cara memasang dark mode di Android:

1. Handphone Android diwajibkan mendukung Dark Mode

Kurang lebih sama dengan versi iPhone, dark mode instagram hanya bisa diaplikasikan untuk handphone yang bisa mendukung dark mode.

2. Pengaktifan Dark Mode di Android

Silakan pilih 'Settings' -> 'Display' -> 'Night Mode' -> 'On'

3. Versi Beta

Silakan untuk melanjutkan ke App Store, scroll hingga Anda bisa menemukan sebuah kolom "You're a Beta Tester". Kemudian pilih 'Join Beta', tunggu sebentar.

4. Unduh

Setelah Anda berhasil masuk dengan versi beta, maka selanjutnya adalah dengan memperbaharui aplikasi instagram dengan versi beta.

5. Tampilan Dark Mode

Sekarang, aplikasi instagram Anda sudah berhasil menjadi dark mode. Kalau ingin mengembalikan tampilan menjadi light mode, silakan kembali ke pengaturan lalu menonaktifkan dark mode.

Demikianlah penjelasan mengenai fitur terbaru dari instagram berupa dark mode yang bisa diberikan. Selamat mencoba!