Casing transparan memang cukup banyak diminati karena mempunyai keunggulan masih bisa melihat warna asli dari ponsel. Tetapi casing jenis ini mempunyai kelemahan yang umum, yaitu warnanya yang sangat rentan berubah menjadi kuning dan tidak enak untuk dipandang. Apa penyebab casing transparan menguning dan bagaimana cara mengatasinya? Luqmanul.com akan segera memberikan jawabannya!

Mayoritas Pengguna Mengalami Masalah yang Sama

Seperti disalin oleh Luqmanul.com dari Ranvoo, sebuah perusahaan produsen casing mengatakan bahwa 70 persen dari konsumen yang membeli casing transparan akan mengalami masalah warna menguning. Terutama untuk casing transparan yang berbahan silica gel atau plastik. Adapun ternyata penyebab dari casing menguning juga beragam.

"Alasan utama adalah radiasi ultraviolet dari Matahari. Jika Anda biasa menggunakannya di luar ruangan, casing akan berubah kuning setelah lama terpapar Matahari," isi dari pernyataan Ranvoo.

Tidak cuma itu saja, temperatur ekstrim juga bisa menjadi penyebabnya. Lalu juga ada kelembaban serta terkena cairan tertentu yang membuat casing kotor dan berubah warna. Pemakaian normal seperti casing terkena keringat atau keringat di wajah juga bisa menjadi penyebabnya.

Namun perlu juga untuk dicatat bahwa warna yang berubah itu tidak berarti kalau kemampuan untuk melindungi ponsel menjadi berkurang. Tetapi memang terlihat jadi kurang menarik. Untuk yang tidak mau repot, mungkin bisa dilakukan pembelian casing transparan yang baru.

Cara Mengatasi Casing Transparan Menguning

Bagi kalian yang ingin mempertahankan casing transparan yang kalian miliki, maka bisa dicoba untuk cara mengatasi casing transparan menguning berikut ini. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu membersihkannya dengan air sabut atau deterjen. Pergunakanlah sikat lembut untuk bisa membersihkannya secara perlahan.

Selain itu kalian juga dapat menggunakan pasta gigi dan kain lembut untuk menggosok-gosok seluruh bagian casing. Cara ini cukup ampuh untuk membuatnya kembali terlihat jernih, namun kalau warna kuning tersebut sudah memasuki proses oksidasi, umumnya tetap tidak akan bisa hilang, hanya berubah menjadi lebih bersih saja.

Semoga bermanfaat ya sobat!