Pencipta sistem operasi Android, Andy Rubin sebelumnya pernah membuat ponsel Essential versi pertama. Walau memang untuk edisi tersebut kurang bersinar, Andy tak pantang menyerah untuk mencoba peruntungannya di dunia ponsel. Ia kembali dengan membuat sebuah ponsel jenis baru dengan nama GEM yang mempunyai bentik tidak lazim. Sejumlah pihak pun merasa heran dan mempertanyakan tentang apa maksud dari ponsel ini.

Ponsel GEM mempunyai bentuk memanjang dan terlihat seperti remote control televisi. Rubin menjelaskan bahwa ini merupakan tampilan baru untuk dunia ponsel.

"Perangkat ini akan mempunyai tampilan antarmuka baru untuk mengakomodasi form factor yang sangat berbeda," kata Rubin seperti disalin Luqmanul.com.

Bentuknya yang unik dan tidak lazim seperti biasanya membuat banyak pihak menjadi heboh. Salah satunya seperti yang diungkapkan oleh salah satu situs website, Phone Arena.

"Dari apa yang kami lihat, ini adalah sesuatu paling aneh yang pernah kami saksikan. Melihatnya dipegang, kami bertanya-tanya apakah ini ponsel atau remote," tulis website Phone Arena.

Banyak yang menilai bahwa Rubin mungkin saja ingin memberikan sebuah terobosan baru di dunia ponsel. Hal ini juga yang pernah dilakukan olehnya dengan ponsel pertama Essential yang menjadi pelopor dari Notch dan Modular. Tetapi untuk yang sekarang, cukup banyak suara yang tidak positif menanggapinya.

"Sekitar 50% populasi adalah pria dan umumnya menaruh ponsel di saku yang tidak cocok buat ponsel ini. Dia mungkin menemukan Android tapi bukanlah Steve Jobs, jadi jangan mengurusi soal desain," kata salah seorang netizen.

Terdapat 4 perangkat dan dengan warna yang berbeda di ponsel ini. Mengenai warna pun dianggap juga tidak lazim untuk dipakai sebagai ponsel. Semuanya memiliki bentuk yang sama, memanjang dan cukup ramping seperti remot.

Untuk lebarnya, ponsel baru ini hanya memiliki lebar setengah dari biasanya. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan perkembangan dunia ponsel yang selalu memberikan layar besar dan lebar supaya mudah untuk digunakan terutama saat menonton sebuah video.

Sementara ini belum ada pengumuman resmi mengenai bagaimana dan kapan ponsel unik ini akan dikeluarkan. Kita tunggu saja!