Aplikasi mempunyai pengaturan baru di dalam fitur grup yang membuat orang tak bisa lagi asal memasukkan orang ke dalam sebuah grup. Kalian pun bisa mengetahui bagaimana cara agar tak dimasukkan ke dalam grup oleh orang lain secara sembarangan.

Informasi ini Luqmanul.com dapatkan langsung dari Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia, Ruben Hattari yang dijelaskan olehnya kalau fitur ini merupakan hasil dari diskusi pihaknya dengan masyarakat dan pemerintah.

Usaha ini dilakukan untuk meningkatkan komitmen dari Facebook untuk memerangi disinformasi serta memberikan wewenang terhadap user untuk bisa melakukan pengaturan privasi.

"Ini sangat penting, kita nggak mau kan diundang ke grup-grup tertentu di mana kita tak mengenal orang tersebut. Bagi kami user siapapun itu mempunyai kontrol sepenuhnya apa saja yang bisa mengakses tentang dia," tegas Ruben.

Cara Mengatur agar tak bisa diundang ke dalam grup WhatsApp secara sembarangan

Pengguna bisa mengatur siapa saja yang bisa bergabung ke dalam sebuah grup percakapan di WhatsApp. Untuk melakukan pengaturan privasi ini, kalian bisa mengikuti langkah berikut ini:

1. Bukalah Pengaturan atau Setelan lalu pilih 'Akun'

2. Lanjutkan dengan memilih 'Privasi'

3. Kemudian pilih kembali 'Group'

4. Nanti di sana ada 3 pilihan yang tersedia, yaitu 'Semua orang', 'Kontak saya', dan 'Kontak saya kecuali'. Pilih sesuai dengan keinginan pengguna.

5. Selesai

Pengaturan Grup WhatsApp
Pengaturan Grup WhatsApp

Kalau kalian memilih 'Kontak saya' maka ini berarti hanya pengguna yang terdaftar di dalam kontak saja yang bisa menambahkan ke dalam grup. Sedangkan untuk 'Kontak saya kecuali' merupakan sebuah pilihan yang membuat kalian bisa memilih siapa saja yang tidak boleh mengundang kalian ke dalam sebuah grup WhatsApp.

Dengan fitur ini, pengguna WhatsApp akan mempunyai kendali yang lebih besar atas grup yang ada. Cara untuk mengaktifkannya pun bisa dibilang cukup mudah bukan?