Perkembangan teknologi ternyata tidak serta merta hanya memberikan dampak positif terhadap kehidupan manusia. Gadget yang semakin marak dimiliki oleh masyarakat membuat sebuah kebiasaan baru. Ada cukup banyak masyarakat yang saat ini tidak bisa lepas dari gadgetnya. Lalu bagaimana takaran untuk masyarakat dianggap sebagai orang yang kecanduan gadget?

PEW Research Center baru saja melakuka penelitian untuk warga Amerika Serikat yang telah dewasa. Mereka menemukan fakta yang cukup mengejutkan, yaitu sekitar 67% dari mereka akan melakukan pemeriksaan pada gadget miliknya walau tidak ada notifikasi, bunyi atau getar sama sekali. PEW Research Center menyatakan bahwa ini menjadi salah satu pertanda bahwa orang tersebut sudah kecanduan gadget. Apakah Anda termasuk?

Ada lagi sebuah tulisan yang diunggah oleh Psych Guides menjelaskan tentang beberapa pertanda bahwa seseorang telah mengalami kecanduan gadget. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sering menggunakan gadget dengan intensitas waktu yang panjang dan berkala

Waktu Bermain Gadget

Pertanda pertama untuk orang yang kecanduan gadget adalah merasa tidak nyaman saat jauh dari gadget. Bahkan untuk mengurangi intensitas menggunakannya akan menjadi masalah baginya.

Semakin sulit untu menjauhi penggunaan gadget, maka masalah kecanduan yang diderita semakin besar. Bahkan yang paling parah, kalau tidak menggunakan gadget, seseorang bisa mengalami depresi. Orang yang kecanduan gadget akan merasa sangat sedih dan kecewa saat Ia tak bisa menggunakan gadget.

Perasaan yang sebenarnya kalau dipikir oleh orang normal agak aneh, namun itulah yang dirasakan oleh penderita kecanduan gadget. Mungkin lebih mirip seperti anak kecil yang tidak boleh memainkan mainannya. Bagi Anda yang sudah menyadari akan hal ini, segeralah untuk bisa mempertimbangkan sebuah perubahan secara bertahap.

2. Tidak lagi memikirkan lingkungan sekitar

Kecanduan Gadget lupa lingkungan sekitar

Bagi seseorang yang sudah kecanduan gadget, terkadang sampai pada titik di mana Ia tak lagi memikirkan lingkungan sekitar. Teman, keluarga, kegiatan sehari-hari bahkan pekerjaan yang sebenarnya penting baginya diabaikan begitu saja.

Orang yang kecanduan gadget akan memiliki sifat apatis, tertutup, dan hanya mementingkan gadgetnya.

3. Selalu Update Gadget Terbaru

Pecinta Gadget Terbaru

Bila mempunyai banyak uang, mungkin ini bukan menjadi sebuah masalah yang besar. Namun ada juga orang yang kecanduan gadget, selalu ingin yang terbaru, namun tidak memiliki kemampuan ekonomi. Pada akhirnya, Ia akan melakukan utang, kredit, atau meminta pada orangtua untuk memenuhi kebutuhan akan gadgetnya itu.

4. Merasa 'Sakau' saat tidak menggunakan gadget

Sakau tanpa Gadget

Ini merupakan tingkatan yang cukup parah untuk orang kecanduan gadget sampai merasa seperti orang sakau saat tidak menggunakan gadget. Ini sering terjadi pada anak-anak yang masih di bawah umur, namun juga tidak sedikit orang dewasa yang merasa seperti ini.

Hal ini karena kebiasaan dari mereka yang selalu saja menggunakan gadget setiap waktu untuk mengisi harinya. Ada banyak sekali kegiatan yang dilakukan olehnya dengan menggunakan gadget.

Walau memang bukan kehidupan nyata, namun di dalam otak mereka, aktivitas dengan gadgetnya benar-benar terasa 'real' bagi mereka.

Penyembuhan Kecanduan Gadget

Tidak ada cara untuk menyembuhkan kecanduan gadget selain memaksa mereka untuk tidak menggunakan gadget. Mungkin bisa saja proses penghentian penggunaan gadget dilakukan dengan cara bertahap, namun tetap saja harus berujung pada penghentian penggunaan gadget agar orang yang mengalami kecanduan bisa segera sembuh.

Setelah sembuh pun, penderita juga harus selalu memperhatikan jam pemakaian gadget untuk selanjutnya agar tidak terjangkit penyakit yang sama lagi.