Ada cukup banyak aplikasi yang bisa diunduh oleh masyarakat, salah satunya yaitu Truecaller. Ini merupakan salah satu aplikasi yang bisa memfilterisasi panggilan telepon atau SMS. Seperti diketahui bahwa perkembangan teknologi yang semakin canggih juga diikuti dengan banyak hal mengganggu, salah satunya panggilan yang tidak diinginkan hingga SMS penipuan.

Dengan menggunakan aplikasi Truecaller ini, pengguna tidak akan perlu takut lagi karena nomor yang telah ditandai sebagai 'spammers' akan diblokir. Pengguna juga bisa melakukan pengaturan untuk terhubung dengan orang-orang yang penting saja.

Aplikasi pelacak nomor telepon
Aplikasi pelacak nomor telepon

Truecaller akan melakukan pembaharuan untuk daftar nomor spam di seluruh dunia agar pengguna bisa memiliki komunikasi yang aman serta efisien dan terhindar dari banyak hal yang kurang begitu penting.

Fitur yang tersedia di Truecaller:

  • Bisa berkomunikasi secara gratis dengan teman atau keluarga yang sudah terdaftar di Truecaller
  • Mengidentifikasi setiap SMS tak dikenal  yang masuk ke nomor pengguna
  • Memblokir spam dan SMS yang tidak bermanfaat (telemarketer) secara otomatis, diantaranya seperti penjual produk, penipuan, dan SMS sejenisnya.
  • Bisa melakukan pemblokiran berdasarkan nama dan nomor seri
  • Melihat nama dari nomor tak dikenal yang ada di dalam riwayat panggilan
  • Merekam suara panggilan yang kemudian bisa disimpan langsung ke dalam handphone (Sementara ini tidak bisa digunakan oleh sistem Android Pie)
  • Mengirimkan pesan singkat, share location hingga emoji dan status ke teman
  • Menyimpan riwayat kontak, pesan, panggilan serta pengaturan ke dalam Google Drive
  • Melihat siapa saja yang melihat profil pengguna

Satu hal yang menjadi keunggulan dari aplikasi Truecaller ini adalah tidak tercantum iklan apapun sehingga membuat pengguna nyaman saat menggunakannya.

Pendiri Truecaller

Seperti diketahui sebelumnya bahwa Truecaller merupakan aplikasi yang memiliki database nomor telepon lengkap dengan nama dari pemiliknya. Data ini berasal dari 150 juta pengguna aktif yang dikumpulkan oleh Truecaller.

Fungsi utama dari aplikasi Truecaller ini untuk bisa menghindari pesan atau telepon yang tidak diinginkan.  Truecaller merupakan aplikasi yang berasal dari Swedia, pendirinya bernama Nami Zarringhalam dan Alan Mamedi yang mendirikan Truecaller sejak tahun 2009 di Stockholm, Swedia.

Pendiri Aplikasi Truecaller
Pendiri dari aplikasi Truecaller yaitu Nami Zarringhalam dan Alan Mamedi

Saat ini, Truecaller mengkalim bahwa aplikasinya sudah mendapatkan 150 juta pengguna aktif harian dengan total 500 juta penginstal aplikasi serta ada 1 juta pengguna premium di seluruh dunia.

Cara Menggunakan Truecaller

Pertama-tama, Anda harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Silakan kunjungi link berikut ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.truecaller&hl=en

Setelah aplikasi Truecaller terinstal dengan sempurna, Anda diwajibkan untuk melakukan pendaftaran dengan memasukkan nama depan, nama belakang serta alamat email.

Selanjutnya, Anda akan mendapatkan panggilan dari aplikasi Truecaller ini untuk melakukan verifikasi. Setelah terdaftar, Anda akan melihat 4 tab utama yang bertuliskan Calls, Search, Block dan Contacts.

Untuk melacak nomor telepon yang tidak dikenal, Anda hanya perlu memasukkan nomornya ke dalam kolom 'Search'. Nantinya nomor tersebut akan diketahui identitasnya. Anda juga bisa melakukan pemblokiran terhadap nomor tersebut agar tidak mengganggu lagi.

Tak cuma bisa diinstal pada smartphone saja, aplikasi Truecaller ini juga bisa dipergunakan pada komputer. Bahkan caranya lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan smartphone. Anda hanya perlu membuka link berikut ini: 'https://www.truecaller.com/'.

Di dalam situs tersebut sudah ada keterangan serta penjelasan untuk tata cara penggunaannya. Sekarang Anda bisa menggunakan aplikasi Truecaller serta melacak dan memblokir nomor tak dikenal yang selama ini mengganggu.